Berdasar dari siklus pembelajaran NETARA secara internal, ditambah dengan berbagai pengalaman sekaligus kepercayaan dari mitra, kami menjumpai adanya pergeseran model layanan solusi teknologi informasi dan komunikasi, yaitu ke arah Managed Service. Mengapa?
Semakin tingginya kompetisi bisnis, mengharuskan para pelaku bisnis semakin fokus pada inti dari keunggulan operasi bisnis mereka. Bahkan kecenderungan menunjukkan bahwa efektifitas dan efisiensi bisa ditingkatkan dengan Outsource sebagai keputusan strategisnya. Namun keputusan inipun masih dinilai kurang bila dilihat dari sudut fleksibiltas pengelolaan dan eskalasi ekonomi sebuah bisnis. Oleh karena itulah Managed Service sebagai model baru dapat menjawab akan tantangan keberlanjutan bisnis tersebut, sehingga pelaku bisnis bisa lebih berfokus pada tantangan dan isu bisnis.
Berawal dari Pengalaman dan Kepercayaan dalam mengelola Solusi IT Terpadu
Secara fungsional, peran NETARA (http://netara.net.id) tidak hanya sebagai pemasok kebutuhan layanan IT, namun lebih strategis lagi, yaitu ikut bertanggung-jawab dalam mendukung dan mencapai kinerja IT (Key Performance Indicators – KPI) dalam mencapai tujuan dan misi bisnis. Hal ini bisa terwujud karena selain didukung oleh ahli IT, NETARA didukung pula oleh ahli dalam bidang manajemen produksi (operasi) dan manajemen strategi. Tim Managed Service ini lah yang menerjemahkan strategi perusahaan ke dalam strategi pengelolaan dan pengembangan IT. Investasi IT bisa dikelola dengan efektif dan efisien. Kehadiran NETARA dalam Managed Service bertujuan untuk membantu sebuah departemen IT terbebas dari berbagai aktivitas IT rutin. Memberi kesempatan mereka keleluasan untuk membangun eskalasi umpan balik pada bisnis utama.
Sebagai system integrator, NETARA didukung oleh IRM (http://irm.co.id) yang mampu menawarkan berbagai kebutuhan, baik untuk pengembangan aplikasi baru, atau dukungan keahlian dalam mengelola aplikasi yang telah ada.
Berbagai pengalaman kerjasama inilah yang memberikan keleluasaan bagi mitra NETARA untuk memilih; sebuah Managed Service taktis pada fungsi IT secara spesifik; atau Managed Service secara utuh dimana menempatkan NETARA menjalankan tanggung-jawab berbagai kebutuhan IT dalam sebuah kerangka bisnis.
Hal lain yang menarik para pelaku bisnis terhadap Managed Service NETARA adalah keunggulan skala ekonomi bisnis. Yaitu memberikan keuntungan dalam bentuk fasilitas terdedikasi, beraneka layanan IT dan dukungan ketenaga-ahlian yang luas. Oleh karena itu, karakter Managed Service ini secara kompetitif termasuk efisien, lebih fleksibel, mengikuti perkembangan kebutuhan dan skala, namun tetap merujuk pada Service Level Agreement (SLA). Dimana SLA memberikan jaminan pada mitra akan aktivasi sistem maupun aplikasi sesuai dengan harapan dan perencanaan.
Daily IT Operational Excellence
Daily IT Operational Excellence dalam Managed Service NETARA, diartikan sebagai kinerja operasional IT yang tanpa cacat bahkan terkandung upaya-upaya perbaikan secara berkelanjutan dalam sebuah koridor strategi bisnia (cascading of business strategy) untuk mencapai tujuan utama bisnis secara terukur.
NETARA selama ini mengutamakan bahwa elemen pertama dari kinerja IT adalah sistem keteknikan yang baik (well-engineered system). Sistem ini sejak awal telah memperhitungkan tingkat keamanan yang sesuai (appropriate level of security) sebagai elemen kedua. Tingkat keamanan ini mencakup:
- Confidentiality: data terlindungi dari berbagai akses dan penggunaan yang tidak diijinkan (unauthorized)
- Integrity: data yang akurat dan lengkap
- Availability: data yang tersedia secara kuantitas dan kualitas bilamana dibutuhkan
- Privacy: kerahasiaan dan integritas dari sebuah informasi
Elemen ketiga, keamanan dan tingginya kualitas sistem harus dioperasikan dan dikelola secara efektif dan efisien (operated and managed effectively and efficiently). Selama ini, layanan ini dikelola sebagai sebuah kerangka kerja berdasarkan proses bisnis yang berjalan untuk mengorganisasi orang, proses, dan teknologi yang mendukungnya:
- Process: proses pengelolaan IT dalam mendukung bisnis yang teridentifikasi, berlanjut dan efisien
- People: orang-orang terlatih yang memiliki kejelasan tugas dan tanggung-jawabnya
- Technology: sistem dan perangkat IT yang digunakan untuk memberikan layanan
Berikut ini ruang lingkup Managed Service NETARA: