JA Decor - шаблон joomla Книги
Indonesian English French German Italian Malay Portuguese Russian Spanish

Pengembangan SIMRS dengan OneMedic

ClientOneMedic: 1) RSAM Bukit Tinggi, 2) RSUD Solok, 3) RSUD Pariaman, 4) RSJ HB. Sa’Anin Padang, 5) RSUD Tanjung Uban, 6) RS Siti Khadijah, Pekalongan, 7) RS Usada Insani Tangerang, 8) RSUP Persahabatan Jakarta ( Incooperation with Admedika Telkom ), 9) RSUD dr. Iskak Tulungagung ( Incooperation with Admedika Telkom ), 10) Klinik Daya Medika Jakarta, 11) RS PKU Aisyiyah Boyolali, 12) RS Sarila Husada Sragen, 13) RS Hosana Cikarang, 14) Klinik Sapta Tangerang, 15) RSU Aprillia Cilacap, 16) RST Wijayakusuma Purwokerto, 17) RSU St. Elisabeth Purwokerto
LocationTersebar di kabupaten/ kota
CategoryAplikasi SIMRS OneMedic
Year2015

Pengembangan SIMRS dengan OneMedic

Sebagai system integrator, NETARA bermitra dengan OneMedic dalam mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang dimulai pada tanggal 1 Januari 2014 merupakan sebuah titik awal perubahan pola transaksi pasien terhadap Rumah Sakit. Pola kunjungan pasien dari yang sebelumnya selalu membawa uang tunai (cash) akan berubah menggunakan pola pembayaran melalui penjamin (cashless).  Dalam skala besar implikasi perubahan pola transaksi pasien dapat mempengaruhi kinerja operasional manajemen Rumah Sakit, berbagai persoalan baru yang akan muncul dalam kegiatan opersional Rumah Sakit antara lain:  

  1. Sistem pengelolaan data serta informasi data pasien harus disesuaikan dengan kebutuhan Pihak Penjamin.
  2. Setiap tindakan medis serta penggunaan obat harus melewati proses persetujuan Pihak Penjamin.  
  3. Adanya suatu keharusan untuk mengikuti prosedur administrasi penagihan (merekap data transaksi pasien, jenis tindakan dan obat)  serta berbagai  ketentuan lainnya  (Term and Condition) yang disyaratkan oleh Pihak Penjamin. 

Persoalan-persoalan tersebut selain merupakan beban tambahan pekerjaan juga merupakan pemicu melonjaknya angka piutang Rumah Sakit kepada Pihak Penjamin.

One Medic Solution

One Medic ® merupakan brand dari PT. Satu Medika Indonesia (http://onemedic.co.id), sebuah perusahaan konsultan IT kesehatan yang sudah memiliki pengalaman selama lebih dari 5 tahun dalam mengembangkan dan pengimplementasikan beberapa produk kami seperti One Medic ® SIMRS, One Medic ® Klinik Cloud, Seruni (Sistem Rujukan Online), Eziclaim (Claim Processing System), dll. Saat ini produk One Medic ® telah diimplementasikan di lebih dari 17 rumah sakit dan klinik di kota-kota Indonesia. Tidak hanya sampai disitu, One Medic ® terus melakukan riset dan inovasi untuk memenuhi kebutuhan para penggiat kesehatan seperti Janjiandokter.Com (Web & Android base) dan Personal Doctor Assistant (Android base).

One Medic – One Solutions for Health Information System  merupakan suatu aplikasi piranti lunak yang telah dikembangkan sejak tahun 2008.  Protocol komunikasi yang tersedia telah dilengkapi dengan system keamanan sehingga dapat menekan berbagai tindakan cyber crime oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Desain aplikasi SIMRS One Medic berbasis Web dimana pengguna dapat melakukan integrasi dengan pihak-pihak internal maupun eksternal secara online’. Manfaat Intergasi secara Online bertujuan untuk mengantisipasi pengulangan pekerjaan administrasi yang dapat memicu terjadinya human error sehingga potensi kerugian Rumah Sakit dapat ditekan.  

Fitur-fitur SIMRS One Medic sebagai solusi untuk menjawab tantangan masa depan industri pelayanan medik: 

  • Security system:  modul ini dapat mengatur informasi dan data  yang diperbolehkan untuk diakses baik oleh pihak internal maupun eksternal. Pengaturan tersebut dilakukan selain untuk melindungi kerahasiaan data pasien juga untuk menghindari penyalahgunaan informasi penting lainnya oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 
  • MPI server solutions:  adalah sistim komunikasi online  yang dirancang untuk menjembatani komunikasi antar sistem. Aplikasi MPI server solutions dapat digunakan sebagai alat konfirmasi  hak-hak pasien terhadap jenis tindakan medis dan obat-obatan yang dapat diberikan oleh Rumah Sakit sesuai dengan ketentuan Pihak Penjamin
  • Billing records system: seluruh data tindakan medik dan obat-obatan yang diberikan pada pasien otomatis terekam secara online dan dapat diatur sesuai dengan format penagihan yang ditetapkan oleh Pihak Penjamin. Feature ini dapat mempersingkat proses pekerjaan administrasi penagihan sehingga dapat menekan angka piutang. 

Manfaat lain yang dapat dirasakan terhadap fasilitas intergrasi online adalah Pihak Manajemen Rumah Sakit dapat melihat laporan pendapatan secara real time.

Produk SIMRS One Medic

Pruduk sistem aplikasi One Medic bersifat moduler dan dikemas dalam satu paket untuk memenuhi kebutuhan Rumah Sakit dan seluruh Pihak yang terkait dengan industri pelayanan media.